Senin, 22 Oktober 2012

Pertamaku Ngampus


Saya sekarang kuliah d UNPAd di jurusan Ilmu Komunikasi. Ada seorang dosen cantik favourite saya yang menyatakan bahwa " KAmpus adaLah miniatur kehidupan". Benarkah pernyataan ini?. Beginilah pembahasannya. 

1. Kampus itu sarana pembelajaran kehidupan. Di kampuslah kita akan bertemu dengan berbagai jenis perilaku, watak dan budaya seseorang. Di sini kita akan dituntut untuk saling menghargai. Contohnya, Bagaimana kasarnya orang batak dan lembutnya-pembawaan orang Sunda. Orang Batak harus bisa mentoleransi bagaimana orang Sunda yang tidak bisa di kasari. Disinilah letak nilai plusnya.

2. Kampus mengajari kita berorganisasi dan menjadi pemimpin. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa setiap manusia adalah pemimpin, setidak-tidaknya bagi dirinya sendiri. Kita akan menjadi pemimpin suatu hari kelak seperti Laki2 akan menjadi kepala rumah tangga untuk keluarga mereka serta ayah untuk anak-anaknya. Begitu juga wanita yang akan menjadi istri dan ibu untuk anaknya. di kampuslah kita akan merasakan lingkup organisasi dengan skala besar. Tidak seperti saat SMA yang hanya tertutup dan terbatas dilingkungan sekolah dan bersifat homogen. Bagaimana andil kita untuk bisa mengadaptasi diri dengan lingkungan heterogen yang berskala besar. Disinilah letak kampus menang satu langkah dari institusi pendidikan lainnya. Maka, jangan hanya terfokus kuliah saja. Barengi waktu kita untuk berorganisasi karena di sinilah kta akan menemukan arti hidup bahwa kita butuh saling bekerja sama untuk mencapai satu tujuan.

3. Kampus membuka lebar mata kita untuk mampu memilih dan memilah teman. Temanlah faktor utama penentu tujuan kita. Teman bisa mendukung sekaligus menjadi penghacur karir pendidikan kita. "air akan membasahi tubuh anda meskipun hanya kaki yang ada sirami". 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar